Mengenal Alur Ekonomi Sebuah Negara Secara Sederhana

Mungkin masih ada yang bingung mengenai bagaimana ekonomi suatu negara bisa tercipta. Bagaimana uang dirilis ke publik, alur  dan prosedurnya, pengaruh terhadap inflasi dan pengangguran serta dampak – dampak lain. Berikut disampaikan secara sederhana mengenai hal – hal tersebut.

Bayangkan jika ada sebuah negara baru. Didalamnya terdapat populasi usia-kerja, tapi negara tersebut belum mempunyai uang, apa yang harus dilakukan? Jawabannya adalah Bank Sentral dari negara tersebut diharuskan memiliki sejumlah emas atau logam lain   sebagai jaminan untuk mengeluarkan uang kertas yang setara nilainya dengan nilai jaminan tadi. Jika uang kertas sudah dikeluarkan, lalu bagaimana menyalurkan uang tersebut ke populasi? Sejumlah bank komersil muncul dalam negara tersebut dan meminjam uang dari Bank Sentral. Kredit, seperti yang kita ketahui, tidak diberikan tanpa tujuan khusus, bunga dari kredit ini harus dibayar. Ini adalah waktu kunci dari formasi kebijakan moneter. Bank Sentral menetapkan tingkat suku bunga, suku bunga dasar, suku bunga kunci, dsb. Kembali pada negara bayangan, setelah bank komersil memiliki uang, mereka mulai memberikan pinjaman kepada organisasi-organisasi dengan suku bunga yang lebih tinggi dari tingkat refinance (pinjaman kembali). Dengan cara ini, bank komersil menghasilkan keuntungan pada perbedaan suku bunga kredit. Organisasi menyelenggarakan bisnis, mempekerjakan karyawan, dan membayar gaji karyawan. Hasil dari penyelenggaraan bisnis dalam organisasi adalah produksi barang-barang (atau penyediaan jasa). Organisasi mendapatkan laba dan membayar kembali aset yang pinjam dan bunga kepada bank komersil. Bank komersil, pada gilirannya, membayar kembali kredit dari Bank Sentral. Sebagai hasilnya, uang disalurkan dalam negara. Ini adalah skema yang sangat sederhana, namun pemahaman mengenai hal ini sangatlah penting untuk mempelajari alur ekonomi sebuah negara.

Tingkat suku bunga dalam suatu negara adalah salah satu pengungkit kendali utama tingkat inflasi. Inflasi terdiri dari pertumbuhan kuantitatif dari perputaran aset uang tunai. Artinya, jumlah uang kertas yang berputar menjadi lebih besar, dan lebih banyak barang yang bisa dibeli. Dalam situasi ini, organisasi berusaha untuk meningkatkan harga barang-barang dan jasa, akibatnya nilai uang jatuh. Untuk memperlambat pertumbuhan inflasi diperlukan penurunan jumlah aset uang kertas dalam perputaran. Oleh karena itu, negara menaikkan tingkat suku bunga. Kenaikan tingkat suku bunga untuk menurunkan tingkat inflasi sekilas tidak terlihat pengaruhnya dan untuk memahaminya diperlukan pengetahuan dasar pengenalan uang dalam negara. Semakin tinggi tingkat suku bunga, semakin tinggi pula bunga kredit di bank komersil yang dipinjamkan ke organisasi. Akibatnya, organisasi mendapat utang yang lebih sedikit, produksi menurun, gaji yang dibayarkan lebih kecil, dan sebagai hasilnya jumlah perputaran aset uang tunai menurun. Efek samping dari ‘campur tangan’ ini adalah tingkat pengangguran meningkat karena pemotongan hasil produksi. Contoh ini dapat menjadi gambaran bahwa semua proses dalam sebuah negara saling berhubungan.

Setelah membaca tulisan di atas, bagaimana menurut teman – teman? cukup membantu bukan untuk kalian yang bercita – cita menjadi pakar ekonomi?? :)

About chandratama

A man who has highly enthusiastic about something new that feels good for his development. Loved music, sports and agriculture. Was graduated from the Faculty of Agriculture, majoring in Agronomy at Gadjah Mada University. After working in the field of finance for a year finally he decided to go back to the world that he loved, agriculture. His goal of becoming entrepreneurs in agriculture and giving benefit to the people around him.
This entry was posted in Pengetahuan Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s